Mengenal Tepung Tapioka dan Manfaatnya

Apa Itu Tepung Tapioka?

Tepung tapioka yang juga disebut kanji merupakan repung pati yang telah diproses dengan ekstrak dari umbi singkong.

Nama lain tepung tapioka adalah kanji atau aci. Orang Jawa sering menyebut tepung tapioka dengan tepung kanji dan dalam bahasa suda disebut aci sampeu.

Sifat sifat tepung tapioka mirip repung sagu. Maka di Betawi juga menyebut tapiooka sebagai tepung sagu.

Proses Pembuatan Tepung Tapioka

Terbentuknya tepung tapioka yaitu, pati ubi kayu mengumpul di sel sel umbi akar singkong lalu diekstrak. Untuk mengekstrak, kupas kulit umbi singkong, cuci lalu parut lebih dulu.

Setelah itu, parutan digilas lagi kemudian campur menggunakan air lalu peras. Ini supaya butir butir pati bisa keluar dan terbawa air. Setelah itu, disaring guna memisahkan sisa ampasnya.

Lalu air yang bercampur pati ini didiamkan sampai patinya mengendap.  Kemudian buang airnya dan jemur endapan patinya sampai kering sampai berubah menjadi tepung.

Tepung tapioka bisa dibikin secara manual di industri rumahan yang kecil. maupun dengan mesin pada industri menengah dan besar.  Tapioka juga dibuat gaplek. Namun butuh proses tambahan yakni proses bleaching dan sulfutasi.

Kandungan Tepung Tapioka

Kandungan utama tepung tapioka yaitu karbohidrat berkadar rendah lemak jenuh, protein dan sodium. Tak terlalu besar kandungan vitamin dan mineralnya.

Pemanfaatan

Tepung tapioka kerap dimanfaatkan untuk beebagai bahan makanan dan bahan perekat. Untuk bahan makanan dan minuman yang gunakan tepung ini, seperti aneka macam kerupuk, bakso, siomay, pacara cina, tekwan, pempek, biji salak dan sebagainya.

Selain itu, tapioka juga dimanfaatkan untuk beberapa bahan campuran kue moci, kue lapis dan sejenisnya. Termasuk juga untuk bahan cireng, cimol, aci, batagor, bakwan goreng dan banyak lagi.

Selain untuk bahan makanan, tepung tapioka juga digunakan untuk membuat pakaian menjadi kaku atau dikanji. Ini artinya pakaian yang diberi kanji tepung tapioka suoata kaku atau keras.  Ketika baju disetrika, lipatanya bisa membentuk pola garis lurus sempurna. Anda bisa dapatkan twpung tapioka berkualitas disini,