Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Rumah Konsep Open Space sebelum Membangun

 

Ketika hendak membangun rumah, ada banyak bahan bangunan yang perlu dipersiapkan seperti bata ringan, semen, kayu dan masih banyak lagi. Maka dari itu, setiap pasangan muda yang ingin mewujudkan rumahnya, perlu untuk mempersiapkan keuangan keluarga yang tepat agar bisa mewujudkannya. Sebab dana yang diperlukan tidak sedikit.

Jumlah bahan bangunan yang dibutuhkan tentunya disesuaikan dengan konsep rumah yang diinginkan. Salah satu konsep rumah yang sedang banyak digandrungi oleh pasangan muda saat ini adalah konsep open space.

Rumah dengan konsep open space cukup menarik perhatian banyak orang. Sebab rumah dengan konsep ruang terbuka ini mampu memberikan kesan yang lebih rileks serta meningkatkan interaksi antara para penghuni rumah.

Kelebihan Rumah Konsep Open Space

Meski begitu, tentu juga terdapat kekurangan dari rumah konsep open space ini. Maka sebelum Anda membangun rumah dengan ruang terbuka, pelajari lebih dulu mengenai kelebihan dan kekurangannya berikut ini.

  • Pencahayaan lebih merata

Pada rumah dengan konsep open space, tidak terdapat penghalang dari tembok, partisi ataupun pintu. Dengan demikian, cahaya alami dari luar maupun cahaya lampu dapat tersebar secara merata ke segala sudut rumah.

Dengan demikian, Anda tidak membutuhkan banyak lampu untuk menerangi ruangan-ruangan yang berbeda. Dengan begitu, Anda bisa lebih hemat energi listrik, terutama saat siang hari.

  • Rumah nampak lebih besar

Selain memiliki pencahayaan yang merata, rumah dengan konsep akan terlihat jauh lebih luas. Sebab tidak ada sekat-sekat dari setiap ruang. Adapun ruangan yang biasanya digabung menjadi satu yaitu ruang makan dan dapur; ruang keluarga dan ruang makan serta dapur, ruang keluarga dan ruang makan. Dengan menggunakan konsep open space, rumah yang kecil akan nampak lebih luas dan lapang.

  • Area rumah jadi multifungsi

Selain nampak lebih luas, rumah konsep open space juga menjadi lebih multifungsi. sebab memungkinkan Anda bisa melakukan beberapa hal dalam satu ruangan. Misalnya saja memasak sambil menonton televisi.

Sebab satu ruangan yang luas bisa dimanfaatkan sebagai beberapa ruangan sekaligus, seperti dapur, ruang keluarga, ruang makan dan lainnya. Anda dapat memanfaatkannya sebagai ruang apapun yang Anda dan keluarga inginkan.

  • Bergerak jadi lebih leluasa

Jika dibandingkan dengan rumah yang bersekat-sekat tembok atau partisi, rumah dengan konsep open space lebih memungkinkan Anda bergerak dengan leluasa. Anda bisa bergerak dari area satu ke area lainnya tanpa harus dibatasi dengan tembok. Hal ini tentunya juga menyenangkan untuk anak-anak yang memiliki tenaga untuk bergerak lebih banyak.

Kekurangan rumah konsep open space

  • Tidak ada privasi

Selain memiliki berbagai kelebihan, rumah dengan konsep open space juga memiliki kekurangan salah satunya tidak ada privasi. Sebab tidak adanya sekat yang memisahkan setiap area, menjadikan segala sesuatu yang dilakukan oleh penghuni rumah bisa terlihat.

Selain itu, tidak adanya sekat-sekat menjadikan segala suara yang ada tidak teredam, sehingga cenderung terdengar lebih berisik dan bisa jadi membuat Anda tidak nyaman.

  • Lebih mudah terlihat berantakan

Rumah dengan konsep open space memudahkan penghuni rumah berpindah ke segala area dengan lebih mudah dan leluasa. Dengan demikian barang-barang juga kerap berpindah tempat. Hal ini bisa menyebabkan rumah terlihat berantakan.

Apabila salah satu area tidak terlihat rapi, maka area lainnya juga akan terlihat berantakan. Maka dari itu, Anda perlu beberes rumah setiap saat.

  • Cukup sulit ketika menggunakan AC

Kekurangan lain yang bisa Anda alami adalah kesulitan saat menggunakan AC. Penggunaan satu AC atau satu kipas angin bisa jadi tidak cukup untuk mendinginkan satu ruangan besar. Untuk itu Anda perlu beberapa AC atau kipas angin untuk menurunkan suhu yang panas.

Demikian kelebihan dan kekurangan dari rumah konsep open space yang perlu Anda ketahui. Jika Anda sedang mencari bahan bangunan terbaik untuk membangun rumah, Anda bisa mendapatkannya di SCG.

Salah satu bahan bangunan dengan mutu terbaik adalah bata ringan SCG Smartblock. SCG Smartblock ini dapat digunakan untuk dinding interior dan exterior. Bata ringan dari SCG ini bisa membuat rumah konsep open space Anda lebih kokoh, aman dan sejuk. Untuk mengetahui produk-produk lainnya, Anda bisa mengunjungi website https://scgcbm.id/.

Sumber :

7 Kelebihan & Kekurangan Desain Rumah Konsep Terbuka. Perhatikan sebelum Membangun!

https://interiordesign.id/kelebihan-dan-kekurangan-desain-rumah-dengan-konsep-open-space/

https://www.momsmoney.id/news/wajib-tahu-ini-kelebihan-dan-kekurangan-rumah-dengan-konsep-open-space-1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *