Apa Itu Asuransi, Jenis, Fungsi dan Rekomendasi Produk Terbaiknya

Memiliki asuransi merupakan hal yang penting dilakukan jika terjadi suatu hal yang merugikan. Asuransi diatur dalam Undang-undang (UU) No. 40 Tahun 2014 tentang Perasuransian. Asuransi adalah perjanjian antara dua pihak, yaitu perusahaan asuransi dan pemegang polis, yang menjadi dasar bagi penerimaan premi oleh perusahaan asuransi sebagai imbalan untuk: 

  • Memberikan penggantian kepada tertanggung atau pemegang polis karena kerugian, kerusakan, biaya yang timbul, kehilangan keuntungan, atau tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga yang mungkin diderita tertanggung atau pemegang polis karena terjadinya suatu peristiwa yang tidak pasti. 
  • Memberikan pembayaran yang didasarkan pada meninggalnya tertanggung atau pembayaran yang didasarkan pada hidupnya tertanggung dengan manfaat yang besarnya telah ditetapkan dan/atau didasarkan pada hasil pengelolaan dana. 

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), asuransi adalah pertanggungan atau perjanjian antara dua pihak di mana pihak yang satu berkewajiban membayar iuran dan pihak yang lain berkewajiban memberikan jaminan sepenuhnya kepada pembayar iuran apabila terjadi sesuatu yang menimpa pihak pertama atau barang miliknya sesuai dengan perjanjian yang dibuat.

Jenis – Jenis Asuransi 

1. Asuransi pendidikan

Mempersiapkan dana pendidikan sejak dini menjadi cara untuk melindungi masa depan anak Anda. Asuransi pendidikan adalah salah satu pilihan yang memberikan keuntungan proteksi akan pendidikan.

Ada dua jenis Asuransi pendidikan yang ditawarkan, yaitu Asuransi dwiguna dan Asuransi unit link. Asuransi dwiguna, merupakan produk gabungan antara proteksi jiwa yang dikombinasikan dengan instrumen pasar seperti deposito. Asuransi jenis ini akan melindungi biaya pendidikan anak bila orang tua mendadak meninggal atau cacat total hingga tidak mampu lagi mencari nafkah.

PRUedu Protection Prudential adalah asuransi pendidikan Prudential yang paling banyak dicari orang saat ini. Asuransi ini memberikan dua manfaat perlindungan, yaitu buat orang tua dan anak lewat satu polis yang komprehensif.

Minimum premi asuransi ini adalah Rp500 ribu, dan manfaat bulanan yang didapat buat anak bisa hingga dia berusia 25 tahun. Tapi hal itu tergantung dengan polisnya ya. Bila terjadi risiko meninggal atas ayah saat  anak berusia 12 tahun, maka bakal ada manfaat pembayaran sejumlah nominal yang ditentukan. Cukup menguntungkan, bukan?

Berikan pendidikan terbaik untuk dirimu sendiri dan anak-anak di masa depan dengan asuransi pendidikan. 

1. Asuransi kesehatan Prudential

Asuransi kesehatan merupakan salah satu produk Asuransi yang populer. Asuransi kesehatan menangani masalah kesehatan dan melindungi finansial Anda dalam menanggung biaya mulai dari proses perawatan sakit yang diderita hingga sembuh.  Pada umumnya, jenis penyakit yang dapat ditanggung oleh Asuransi ini meliputi cacat, sakit, hingga kematian.

Prudential menawarkan premi yang terjangkau. Polis asuransi kesehatan Prudential sebagai berikut:

  • PRUprime Healthcare adalah polis asuransi kesehatan Prudential yang bersifat premium. Pembayaran manfaat asuransi yang disajikan sesuai dengan tagihan rumah sakit, dan pastinya asuransi sifatnya no claim bonus serta punya manfaat tahunan hingga Rp35 miliar.
  • PRUMed Cover memberikan manfaat berupa tunjangan harian rawat inap, ICU, hingga operasi bedah. Bisa juga digunakan di rumah sakit luar negeri. Maksimal pertanggungan biaya pembedahan adalah Rp15 juta.
  • PRUhospital & Surgical Cover Plus Prudential adalah asuransi kesehatan Prudential yang memberikan tambahan biaya rawat inap, ICU, hingga pembedahan. Manfaat rawat inap yang bisa didapat nasabah mencapai Rp3 juta per hari, sementara itu batas santunan tahunan maksimal mencapai Rp1,2 miliar. Di asuransi ini, kamu juga bisa dapat manfaat biaya fisioterapi lho.

2. Asuransi jiwa

Asuransi jenis ini akan memberikan keuntungan finansial ketika kematian datang, sakit tiba-tiba, atau menderita cacat tetap total maupun sebagian akibat kecelakaan atau penyakit.

Sebelum memilih Asuransi jiwa, pahami sistem dan metode yang ditawarkan. Ada jasa penyedia Asuransi yang memberlakukan sistem pembayaran setelah kematian. Namun, ada pula yang memperbolehkan Pemegang Polis untuk mengklaim dana sebelum kematiannya.

3. Asuransi syariah

Di Indonesia, asuransi syariah sudah dijamin halal oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) melalui Dewan Syariah Nasional (DSN) dengan Fatwa No. 21/DSN-MUI/X/2001 tentang Pedoman Umum Asuransi Syari’ah. Pada dasarnya, asuransi syariah adalah menggunakan prinsip sharing of risk. Risiko dari satu orang atau pihak dibebankan kepada seluruh orang/pihak yang menjadi pemegang polis.

Apakah ada jenis asuransi Prudential berbasis syariah? Jawabannya jelas ada. Pilihan asuransi Prudential syariah berlaku buat asuransi pendidikan, penyakit kritis, kesehatan, dan jiwa. Berikut deretan polis Prudential Syariah.

Jenis-jenis Produk Asuransi Prudential di Indonesia

  • PRUlink syariah edu protection
  • PRUmultiple crisis cover syariah
  • PRUjuvenille crisis cover syariah
  • PRUearly stage payor syariah
  • PRUcrisis cover syariah 61
  • PRUearly stage crisis cover syariah
  • PRUlink syariah assurance account
  • PRUcrisis income syariah

Syariah maupun konvensional gak jauh beda sih sebetulnya. Cuma aja yang membedakan adalah akad-akad yang dikeluarkan ketika mulai membeli produk.

4. Asuransi unit link

Apakah kamu tahu apa itu asuransi unit link, bukan? Asuransi unit link adalah Asuransi dengan investasi di dalamnya. Premi yang kita bayarkan akan diinvestasikan ke dalam instrumen investasi sesuai yang kita inginkan. Tujuannya, agar memperoleh imbal hasil maksimal.

Prudential memiliki asuransi unit link bernama PRUlink Assurance. Beberapa manfaat tambahan PRUlink ada pada varian produk Prudential lainnya, seperti PRUprimehealthcare, PRUhospital&surgical cover plus, dan sebagainya.

Ada persentase jumlah perlindungan dan investasi yang bisa diatur dari besaran premi yang dibayarkan. Misalnya, kamu pengin 70 persen investasi dan sisanya adalah premi. Bisa. Gitu juga sebaliknya.

Rekomendasi Perusahaan Asuransi Terbaik di Indonesia

Nama asuransi Prudential sudah dikenal oleh banyak masyarakat Indonesia. Produk asuransi Prudential terdiri atas berbagai jenis, meliputi asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi pendidikan, dan lain sebagainya.

Asuransi Prudential sendiri merupakan salah satu perusahaan pengelolaan keuangan yang meraih penghargaan Top 3 pada kelompok asuransi jiwa papan atas versi majalah Investor.

Prudential memiliki beberapa produk asuransi jiwa sebagai berikut.

  • PRUlife cover adalah asuransi jiwa yang memberikan perlindungan finansial ketika seseorang meninggal dunia atau cacat total tetap sebelum berusia 60 tahun. Tapi jangan salah, mereka juga bisa memberikan perlindungan hingga usia 99 tahun lho, cuma aja preminya beda. Minimum premi per bulannya Rp400 ribu aja.
  • PRUmy child merupakan produk asuransi melahirkan Prudential dengan memberi perlindungan anak dalam kandungan, dilahirkan, hingga tumbuh dewasa. Perlindungannya mulai dari kesehatan, finansial, dan pendidikan. Jumlah uang pertanggungannya sampai Rp500 juta.
  • PRUsafe guard memberikan perlindungan bagi yang meninggal dunia. Namun bedanya, ada manfaat khusus yang ditawarkan buat penyakit khusus, kecelakaan kerja, dan meninggal di transportasi publik. Preminya mulai dari Rp200 ribu aja, dan bisa diuangkan kembali ketika masa perlindungan selesai.
  • PRUpersonal accident death and disablement memberikan perlindungan ke mereka yang cacat total atau meninggal dunia akibat kecelakaan. Uang pertanggungannya mencapai 300 persen. Asuransi jiwa yang satu ini juga punya versi plusnya lho. Kalau judulnya udah plus ya otomatis ada nilai tambahannya.

Itu tadi informasi mengenai apa itu asuransi, jenis, fungsi serta rekomendasinya. Semoga bermanfaat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *