Penyebab dan Solusi Anak Susah Makan, Orang Tua Wajib Tahu!

Permasalahan anak tidak hanya seputar kenakalan saja. Anak susah makan juga bisa menjadi salah satu masalah yang membuat orang tua pusing.

Orang tua akan merasa frustasi apabila anaknya susah makan. Mereka khawatir nutrisi untuk anak berkurang sehingga menyebabkan gangguan pada tumbuh kembang anak.

Penyebab dan Solusi Anak Susah Makan

Anak yang susah makan bisa disebabkan oleh berbagai hal, berikut diantaranya:

Ketakutan terhadap Menu Baru

Rasa takut terhadap aroma, bentuk, maupun rasa makanan yang baru pertama kali dirasakannya merupakan salah satu penyebab anak susah makan.

Solusi anak susah makan dari penyebab yang pertama yaitu membuat tampilan makanan menjadi menarik. Anda bisa membuat bentuk-bentuk lucu dari sayur maupun lauk dari menu baru.

Warna-warna yang mencolok juga bisa membuat anak lebih tertarik pada menu makanan baru.

Gangguan pada Mulut

Penyebab lain dari masalah anak susah makan yaitu adanya gangguan pada mulut, seperti sariawan atau sakit gigi.

Anda bisa mencoba memeriksa kondisi mulut anak. Pastikan tidak ada gangguan pada mulut anak. Namun, jika Anda menemukan gangguan, Anda bisa segera memberikan pengobatan yang tepat agar anak kembali berselera untuk makan.

Gangguan Pencernaan

Selain gangguan pada mulut, gangguan pencernaan seperti diare dan sembelit mampu membuat nafsu makan anak menurun.

Dalam kondisi diare maupun sembelit akan membuat anak merasa tidak nyaman. Kedua hal tersebut juga bisa menyebabkan anak susah makan.

Anak merasakan perut yang bermasalah dan membuat nafsu makannya menurun. Solusi anak susah makan yang diakibatkan gangguan pencernaan yakni memeriksakan anak ke dokter. Dengan begitu, anak akan mendapat penanganan terbaik.

Fokus yang Terpecah

Anak cenderung susah untuk melakukan aktivitas secara bersamaan. Sebagian besar anak hanya bisa fokus pada satu aktivitas. Hal ini bisa menjadi salah satu pemicu anak susah makan.

Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mengajak anak untuk fokus pada aktivitas makan saja. Anak sebaiknya dilarang untuk melakukan aktivitas lain seperti bermain saat waktunya makan. Anda juga bisa mengajak anak untuk makan bersama keluarga, agar suasana lebih menyenangkan.

Demikian beberapa penyebab dan solusi anak susah makan. Melalui penjelasan diatas, diharapkan orang tua mengetahui solusi terbaik untuk mengatasi anak susah makan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *