6 Rekomendasi Oleh Oleh Khas Lembang untuk Dibawa Pulang Liburan

Lembang dikenal mempunyai banyak pesona yang selalu menarik banyak perhatian para wisatawan. Dengan udaranya yang sejuk tak mengherankan kalau daerah ini tak pernah sepi dari kunjungan para wisatawan. Tak hanya wisatawan lokal, wisatawan dari luar kota pun selalu menyempatkan berkunjung ke Lembang saat musim liburan.

Saat berkunjung ke suatu tempat, sudah biasa orang akan membeli oleh oleh. Begitu juga saat wisatawan berkunjung ke Lembang. Selain menikmati indahnya alam, pastinya mereka tak akan ketinggalan untuk berburu oleh oleh buat keluarga di rumah. Apa saja oleh oleh yang biasa dijumpai di Lembang? Cek daftarnya berikut ini.

1. Bolu Susu Lembang

Salah satu produk khas Lembang yang terkenal adalah bolu susu Lembang. Ini adalah oleh oleh khas Lembang yang cukup modern dan kekinian. Toko oleh oleh di daerah Lembang tak pernah sepi dari kunjungan wisatawan yang mampir untuk membeli bolu susu ini. Daerah Lembang ini memang dikenal sebagai salah satu daerah di Jawa Barat yang menjadi penghasil susu.

Jumlah peternak sapi yang ada di Lembang cukup banyak, jadi tak mengherankan kalau bolu susu jadi oleh oleh khas Bandung. Bolu susu dari daerah Lembang ini mempunyai beberapa varian rasa selain rasa original tentunya. Wisatawan bisa membeli bolu susu rasa coklat juga vanila. Kue ini memiliki rasa yang manis serta teksturnya yang lembut.

Biasanya di atas kuenya akan diberi taburan keju parut sehingga membuat kue semakin lezat. Bolu susu khas Lembang ini dapat bertahan hingga kurang lebih 4 hari jika disimpan di suhu ruangan. Kalau ingin lebih lama lagi, kue bisa disimpan di dalam kulkas. Harga satu kotak bolu susu Lembang sekitar Rp33.000 – Rp34.000 kalau membelinya di toko resmi.

Jika membeli kue ini di reseller, biasanya harganya akan berbeda, lebih mahal. Letak gerai utama bolu susu ini ada di Lembang. Lokasinya lumayan dekat dengan Alun-alun Lembang. Tak hanya bolu, toko ini juga mengeluarkan produk terbarunya, yaitu Surabiyaki Saus Cokelat serta Surabiyaki Saus Durian.

2. Tahu Susu Lembang

Produk susu lainnya yang terkenal dari daerah Lembang adalah Tahu Susu Lembang. Wisatawan pasti akan memburu tahu khas Lembang ini saat berlibur ke daerah ini. Tahu Susu Lembang mempunyai rasa yang agak berbeda dibandingkan dengan tahu umumnya. Tahu Susu Lembang rasanya gurih dan nikmat, lembut serta tidak berair.

Wisatawan yang ingin mencicipi Tahu Susu Lembang bisa memilih jenis tahu yang akan dijadikan oleh oleh khas Lembang. Ada tahu yang digoreng serta tahu yang dijual mentah.

Popularitas Tahu Susu Lembang sangat tinggi sehingga banyak ditemukan produsen Tahu Susu Lembang di daerah ini. Namun ada satu tempat menjual tahu susu Lembang yang terkenal, yaitu POM Tahu Susu Lembang.

3. Kue Phia So-Phia

Mirip dengan bakpia Semarang, kue Phia So-Phia adalah oleh oleh khas Lembang lainnya. Meski mirip dengan bakpia Semarang, kue Phia So-Phia memiliki keunikan tersendiri. Tekstur kue ini sangat lembut saat dikunyah sehingga enak untuk jadi camilan.

Sebenarnya nama So Phi yaitu diambil dari bahasa Mandarin. Arti So adalah gurih, sedangkan Phia artinya kue, jadi So Phia adalah kue gurih.

4. Keripik Singkong Karmel

Di Lembang terdapat tempat ibadah yang juga menjadi tempat ziarah yang dikenal dengan nama Pertapaan Karmel OCD. Di sini banyak orang Kristiani yang datang untuk berdoa. Di area halaman depan Karmel, banyak terdapat pedagang makanan.

Salah satu makanan yang dijual di sini adalah keripik singkong. Camilan keripik singkong karmel terkenal akan kelezatannya. Terdapat dua jenis keripik singkong yang dijual, yakni yang berbentuk bulat tipis serta yang panjang dengan teksturnya yang agak tebal.

5. Es Mambo & Yoghurt Lembang

Es mambo adalah es yang berbentuk Batangan. Di Lembang makanan ini menjadi salah satu oleh oleh yang selalu dicari. Salah satu yang menjual produk ini adalah Es Mambo dan Yogurt Lembang. Di sini dijual yogurt dalam beragam rasa, seperti strawberry, durian, ketan hitam, alpukat, dan lain-lain.

6. Ketan Bakar

Daerah Lembang terkenal memiliki makanan hangat. Salah satu makanan yang selalu ada adalah ketan bakar. Makanan ini bisa ditemukan di banyak tempat bahkan di sepanjang jalan menuju Lembang.

Ketan bakar ini dipotong-potong dalam bentuk persegi, lalu dibakar dan dinikmati dengan sambal oncom ataupun serundeng. Penjual ketan bakar paling banyak dijumpai di sekitar Pasar Lembang.

Itulah oleh oleh khas Lembang yang bisa dibawa oleh para wisatawan yang berkunjung ke kota Bandung dan Lembang. Selain makanan-makanan tadi, wisatawan pun bisa berburu bunga-bunga dan tanaman yang tumbuh subur di sini.

Jadi saat berkunjung ke Lembang, selain menghabiskan waktu berjalan-jalan, jangan lupa untuk mencoba wisata kulinernya juga. Sesudahnya jangan lupa untuk membawa oleh oleh buat orang-orang terkasih. Selamat berbelanja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *