Cara Menilai Keaslian Liontin Emas Terbaru Agar Tidak Tertipu

Liontin emas adalah perhiasan berharga dan bernilai tinggi sehingga banyak wanita menginginkannya. Permintaan yang tinggi membuat liontin emas akhirnya banyak dipalsukan. Jika ingin membeli liontin emas terbaru, pastikan Anda mengecek keasliannya. Jangan sampai tertipu dengan liontin palsu yang mahal akan merugikan. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengecek keaslian sebuah liontin emas:

Mengamati Fisik Liontin Emas

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengamati fisik liontin terlebih dahulu. Liontin emas asli biasanya memiliki cap kadar emas di bagian tertentu. Tulisannya berupa angka, contohnya 375, 750, dan lain sebagainya.

Angka tersebut menggambarkan karat pada liontin yang Anda miliki. Misalnya kode 375 artinya kadar emasnya 9K, sedangkan 750 kadar emasnya 18K. Selain kadar emas, liontin juga memiliki cap nama pabrik atau brand yang memproduksi. Jadi pastikan Anda meneliti liontin hingga menemukan cap-cap tersebut.

Usap Liontin dengan Jari

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah mengusap liontin dengan jari. Usap liontin secara lembut menggunakan jari telunjuk atau ibu jari. Liontin palsu menggunakan logam yang tidak berkualitas. Jadi warnanya akan mudah pudar apabila diusap dengan ibu jari. Sedangkan emas asli termasuk logam yang tahan lama dan tidak mudah pudar.

Menggunakan Magnet

Emas termasuk logam mulia namun tidak termasuk logam magnetis. Jadi cara mengecek keaslian emas bisa dilakukan menggunakan magnet. Karena sifatnya yang non-magnetis, emas seharusnya tidak menempel ketika didekatkan dengan magnet. Sebaliknya, emas palsu akan langsung menempel pada magnet.

Namun beberapa orang mulai pandai membuat duplikasi emas. Mereka terkadang menggunakan logam non-magnetis untuk liontin emasnya. Contohnya adalah tembaga yang juga bersifat non-magnetis. Jadi langkah ini harus dilakukan dengan langkah lain untuk memastikan keaslian liontin.

Uji Suara

Uji suara sering dilakukan banyak orang untuk mengetahui secara sekilas keaslian liontin emas. Caranya yaitu dengan mengetuk liontin untuk mendengarkan suaranya. Emas yang asli memiliki dering suara yang cukup panjang.

Selain itu, suara emas asli juga tinggi. Sementara emas palsu lebih pendek dan tidak panjang. Cara ini bisa dilakukan secara langsung saat membeli liontin di toko emas. Jadi pihak toko bisa membantu melakukan pengujian untuk melihat keasliannya secara langsung.

Cek Sertifikat Emas

Bukan hanya berlian saja, emas juga memiliki sertifikat yang dikeluarkan oleh lembaga berwenang. Sebenarnya fungsi sertifikat ini sama seperti sertifikat berlian yaitu untuk menunjukkan keaslian perhiasan liontin.

Pastikan sertifikat yang diberikan asli. Caranya dengan meletakkan sertifikat di bawah sinar ultraviolet. Jika sertifikat asli, maka akan muncul garis minor warna-warni. Selain itu, sertifikat asli juga memiliki logo watermark perusahaan.

Minta Bantuan Ahli

Cara menilai keaslian liontin emas yang terakhir yaitu membawanya ke toko perhiasan untuk meminta bantuan ahli, jika Anda membelinya di perorangan. Namun jika Anda membeli langsung di tokonya, minta mereka melakukan pengujian dengan alat khusus. Ada alat yang mampu mengetes keaslian dan kadar karat emas.

Itulah cara menilai keaslian liontin emas terbaru agar tidak tertipu dengan barang palsu. Selain itu, cara termudah untuk menghindari barang palsu adalah membeli di toko terpercaya. The Palace Jeweler adalah salah satu pilihannya. Brand satu ini terkenal dan terpercaya karena berada di bawah naungan PT. Central Mega Kencana. Sudah banyak gerai fisik yang dibuka, jadi Anda bisa langsung datang ke gerai fisik terdekat. Lebih lengkapnya mengenai brand ini ada di www.thepalacejeweler.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *