Kenalan dengan Web Hosting

Saat Anda berbisnis di dunia digital saat ini, tidak memiliki website seperti sebuah kemunduran. Anda akan tertinggal jauh dengan pesaing Anda jika tidak memanfaatkan dunia website.

Bisnis Anda akan berkembang dengan cepat apabila menggunakan layanan website. Dengan website, pemasaran produk akan jauh lebih luas. Anda akan mendapatkan pelanggan dari berbagai penjuru dunia.

Langkah pertama agar Anda memiliki website adalah mendaftarkan diri ke web hosting.

Penjelasan Mengenai Web Hosting

Web hosting merupakan sebuah layanan online untuk mengaktifkan website di internet. Saat Anda mengetikkan nama website Anda di browser HP atau komputer, semua data akan langsung tersaji dengan cepat.

Seluruh data maupun file media seperti gambar, foto, video, database, dan file lainnya berasal dari server. Web hosting inilah yang menyediakan server tersebut.

Kegunaan utama dari keberadaan web hosting adalah menjaga server selalu aktif, menjaga keamanan website dari serangan cyber, hingga memindahkan seluruh data atau konten dari server ke website bisnis yang Anda miliki.

Jenis Web Hosting

Setiap penyedia web hosting memberikan penawaran yang berbeda-beda. Hal ini disebabkan kebutuhan hosting bergantung permintaan dari klien.

Semakin sering sebuah website diakses oleh pengunjung, maka semakin besar pula server yang dibutuhkan.

Berikut disajikan beberapa jenis web hosting dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

1. Shared Hosting

Shared hosting merupakan jenis hosting yang paling sering digunakan karena harganya yang murah. Sayangnya, Anda harus berbagi server dengan pengguna lain saat menggunakan shared hosting.

Selain murah, kelebihan lain dari shared hosting adalah friendly user, control panel lengkap, dan segala maintenance (perawatan) website diserahkan kepada penyedia hosting.

Kekurangan yang paling utama dari shared hosting adalah resiko terjadinya downtime saat lalu lintas website pengguna lain sedang padat.

2. VPS Hosting

Untuk website dengan trafik tinggi, VPS hosting sangat cocok untuk dipilih. Website Anda masih harus berbagi server dengan yang lain, hanya saja penyedia membagi server dengan porsi lebih.

Secara sederhana, VPS hosting merupakan bentuk upgrade dari shared hosting.

Kelebihan utama dari VPS hosting adalah saat website lain di trafik tinggi, website Anda tidak akan merasakan dampaknya.

Karena bisa dikelola pribadi, Anda pastinya harus memiliki skill manajemen server dengan baik. Nah, tidak semua orang memiliki skill tersebut sehingga hal ini menjadi kekurangan utama dari VPS Hosting.

3. Cloud Hosting

Dari beberapa jenis hosting, cloud hosting menjadi pilihan bagi pelaku bisnis online dengan skala besar. Hal ini berkaitan erat dengan layanan cloud hosting yang dikelompokkan menjadi beberapa server.

Kelebihan yaitu sangat jarang terjadi downtime, server satu sama lain saling bekerjasama membackup saat server lain mengalami gangguan, dan harga yang menyesuaikan kebutuhan.

Bagi Anda yang berminat membuka usaha online atau memiliki website untuk jualan online, Anda bisa membeli paket ecommerce cloud hosting dari Ardhosting.

Ardhosting adalah penyedia ecommerce cloud hosting Indonesia terbaik dan handal, jadi Anda bisa mempercayakan website bisnis online Anda pada Ardhosting.

Kekurangan dari cloud hosting adalah kesulitan dalam memperkirakan kebutuhan karena didasarkan pada budget.

Cara Kerja Web Hosting

Penyedia hosting atau web hosting akan menyewakan server yang bisa Anda bayar per bulan maupun per tahun. Harga dari web hosting cukup beragam.

Bagi Anda yang ingin mencari web hosting dengan kualitas baik, Anda bisa mengunjungi Ardhosting. Ardhosting terkenal sebagai penyedia paket web hosting murah dan handal di Indonesia.

Dengan harga murah, Anda akan tetap mendapatkan layanan web hosting dengan kualitas baik. Tunggu apalagi? Kunjungi Ardhosting dan temukan paket ecommerce maupun paket web host lainnya yang sesuai dengan kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *