Berapa Lama AirPods dan AirPods Pro Bertahan?

Kembali pada tahun 2016, ketika Apple melepas jack headphone 3,5 mm tradisional dari iPhone 7 yang baru, itu mengejutkan. Namun, ini membuka jalan bagi mereka untuk memperkenalkan earbud nirkabel sejati yang pertama – AirPods. Sekarang, pengguna harus menggunakan headphone nirkabel yang mahal atau menggunakan dongle semi-mahal untuk menghubungkan EarPod kabel lama.

Sejak itu, dilema masih ada dengan AirPods ditingkatkan ke AirPods Pro, dan pertanyaannya masih valid – berapa lama AirPods Pro bertahan?? Bagaimana jika saya menghabiskan $200+ untuk headphone nirkabel yang tidak akan bertahan lama?

Sederhananya, Airpods Pro akan bertahan selama 2 tahun tanpa masalah yang perlu diperhatikan. Setelah 2 tahun, Anda akan mulai menunjukkan keausan tertentu yang memerlukan pemecahan masalah. Rata-rata, AirPods Pro akan dengan mudah melayani Anda selama 2 tahun dengan cukup lancar.

Berapa Lama Baterai Airpod Pro Bertahan?

Berapa Lama Baterai Airpod Pro Bertahan

Sekarang, jelas, bagi sebagian besar pengguna Apple, masa pakai 2 tahun sudah cukup karena Apple telah menguasai memperbarui produk mereka setiap tahun. Hal ini membuat model sebelumnya menjadi usang dan semacam memikat pengguna untuk meninggalkan perangkat lama mereka untuk yang terbaru.

Yang paling penting, dalam hal ini, adalah berapa lama Apple AirPods bertahan dalam hal cadangan baterai. Menariknya, cadangan baterai telah meningkat seiring waktu dengan model peningkatan AirPods. Jika perangkat terisi penuh, inilah yang Anda dapatkan sebagai dukungan baterai.

Itu AirPods Generasi Pertama penawaran

  • Hingga 5 jam mendengarkan musik
  • Waktu bicara hingga 2 jam

Itu AirPods Generasi kedua penawaran

  • Hingga 5 jam mendengarkan musik
  • Hingga 3 jam waktu bicara

Itu AirPods Pro penawaran

  • Hingga 5 jam mendengarkan musik (Aktif Noise Cancellation OFF)
  • Hingga 4,5 jam mendengarkan musik (Active Noise Cancellation ON)
  • Hingga 3,5 jam waktu bicara (Aktif Noise Cancelling ON)

Sekarang, kata kunci di sini adalah ‘Sampai’. Jelas, Apple tidak menjamin bahwa Anda akan mendapatkan dukungan baterai sebanyak ini di setiap situasi. Bergantung pada cara Anda menggunakan perangkat dan seberapa sering Anda mengisi ulang, cadangan biaya akan bervariasi. Selain itu, semakin banyak siklus baterai selesai, semakin sedikit cadangan yang Anda harapkan dari perangkat.

Adapun kasing pengisi daya, apa pun modelnya, semua kasing pengisi daya menawarkan

  • Tambahan 24 jam cadangan baterai
  • Total waktu bicara 18 jam

Omong-omong, ini jika kasingnya terisi penuh.

Saat Anda kehabisan cadangan baterai, pengisian ulang cepat selama 15 menit dari casing akan memberi Anda tiga jam waktu mendengarkan dan dua jam waktu bicara jika Anda menggunakan AirPods gen 1 dan 2. Dalam kasus AirPods Pro, Anda dapat dengan mudah mendapatkan cadangan selama satu jam hanya dengan mengisi ulang selama 5 menit dalam kasus ini. Namun, kami menyarankan waktu pengisian ulang selama 15 hingga 20 menit untuk model AirPods apa pun.

Berapa Lama Umur AirPods?

Berapa Lama Umur AirPods

Untuk earphone nirkabel sejati, hal pertama yang mulai menurun adalah baterai. Menjadi headphone nirkabel dengan kabel yang lebih sedikit untuk mendukung, perangkat TWS perlu menggunakan lebih banyak daya baterai untuk mendukung pemutaran. Itu sebabnya baterai berada di garis depan untuk rusak seiring waktu.

Terlepas dari suhu tinggi, yang mempengaruhi masa pakai baterai lithium-ion adalah siklus pengisian. Yap, setiap kali Anda mengisi ulang baterai, ia kehilangan sedikit kapasitasnya. Baterai lithium-ion yang digunakan di AirPods dapat mempertahankan sekitar 80% kapasitasnya hingga 500 siklus pengisian ulang.

Dari sana, ini adalah perjalanan menurun untuk baterai, dan akan kehilangan kapasitasnya secara drastis. Menurut Tektronixbaterai lithium-ion bertahan sekitar 2 hingga 3 tahun atau siklus pengisian 300 hingga 500 – mana saja yang lebih dulu.

Itulah mengapa masa pakai AirPods biasanya sekitar 2 tahun. Namun, jika Anda lebih jarang mengisi ulang dan menggunakannya sesekali, Anda dapat mengharapkannya untuk bertahan lebih dari 3 tahun, tanpa diragukan lagi.

Mengapa Apple AirPods Tidak Tahan Lama?

Mengapa Apple AirPods Tidak Tahan Lama

Itu pertanyaan umum yang ditanyakan banyak pengguna. Sebenarnya, ukuran itu penting. Apple Airpods berukuran cukup kecil, dan baterai yang ditempatkan di dalamnya sebanding dengan volume totalnya. Jadi, tentu saja, Anda tidak dapat mengharapkan kapasitas yang tahan lama dari sel sekecil itu.

Lagi pula, tingkat ketahanan air memang memainkan peran penting di sini. Karena 2 model AirPods sebelumnya tidak tahan air, percikan air kecil saja sudah cukup untuk merusak baterai dan sirkuit internal saat bepergian. Itu membuatnya lebih rentan daripada perangkat lain yang memiliki, setidaknya, tingkat ketahanan air minimum.

Sekali lagi, cara baterai habis di AirPods mempercepat kejatuhan perangkat. Ketika Anda berbicara lebih banyak tentang AirPods daripada mendengarkan musik, itu pasti akan menguras baterai lebih cepat dari biasanya. Ini meningkatkan siklus pengisian, karenanya, menurunkan baterai lebih cepat.

Dan terakhir, cukup jelas, Apple merancang baterai ini agar tidak bertahan lama. Mengapa? Karena Apple tidak ingin Anda tetap menggunakan perangkat yang sama selama bertahun-tahun. Mereka hanya ingin Anda mengganti AirPods dari waktu ke waktu dan beralih ke perangkat terbaru. Cukup adil?

Bagaimana Cara Memaksimalkan Masa Pakai Baterai AirPods?

Jadi, seperti yang Anda lihat, masa pakai AirPods bukanlah sesuatu yang dapat Anda kendalikan sepenuhnya. Tetapi Anda pasti dapat menggunakannya dengan cara yang lebih hati-hati untuk memperpanjang masa pakai baterai secara efektif. Inilah yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan masa pakai baterai AirPods.

Simpan AirPods di Casingnya

Cara Memaksimalkan Masa Pakai Baterai AirPods - Simpan AirPods di Casingnya

Kasing pengisi daya adalah pengisi daya seluler untuk AirPods Anda. Saat Anda memasukkan AirPods ke dalam casing, perangkat akan mulai mengisi daya secara otomatis. Jadi, cobalah untuk menyimpan AirPods di dalam casing setiap kali Anda tidak menggunakannya. Jika Anda menggunakan casing pengisi daya berkabel, ingatlah untuk menghubungkannya ke output daya terlebih dahulu.

Matikan Fitur Cerdas

AirPods hadir dengan beberapa fitur cerdas yang menyenangkan untuk digunakan tetapi tidak mutlak diperlukan. Fitur tersebut adalah Deteksi Telinga Otomatis. Jika Anda mengaktifkan ini, musik yang Anda putar di ponsel akan secara otomatis mengalihkan perangkat keluaran ke AirPods Anda dari perangkat lain saat Anda memasang AirPods di telinga Anda. Tidak ada yang penting, dan menyalakannya dapat menghabiskan banyak daya baterai.

Jadi pergilah ke Pengaturan > Bluetooth > AirPods > Deteksi Telinga Otomatis > Matikan

Jangan Bermain-main dengan Casing Pengisi Daya

Cara Memaksimalkan Masa Pakai Baterai AirPods -Jangan Bermain-main dengan Casing Pengisi Daya

Ya, saya tahu, bermain dengan casing pengisi daya itu membuat ketagihan. Karena memiliki pembuka magnet, membuka dan menutupnya terasa sangat memuaskan dan menghilangkan stres. Tetapi setiap kali Anda membukanya, AirPods Anda akan mengaktifkan sensor Bluetooth di dalamnya, dan menghabiskan sebagian daya baterai Anda.

Jangan Gunakan Dalam Kondisi Ekstrim

Apple AirPods dibuat untuk digunakan dalam suhu dan lingkungan biasa. Menggunakannya di lingkungan yang sangat panas dan sejuk atau lembab dapat langsung memengaruhi kinerjanya. Jadi, jangan pernah menggunakan AirPods dalam kondisi ekstrem.

Nonaktifkan Mode Peredam Kebisingan dan Transparansi

Baik mode peredam bising maupun mode transparansi menghabiskan sebagian besar daya baterai dari AirPods. Jika Anda tidak terlalu ingin menggunakan fitur ini, menonaktifkannya berarti masa pakai baterai lebih baik. Jadi, jangan aktifkan opsi ini kecuali Anda benar-benar perlu.

Pertahankan Volume Turun

Cara Memaksimalkan Masa Pakai Baterai AirPods - Perkecil Volume

Volume yang lebih tinggi membutuhkan lebih banyak daya untuk mendukung peningkatan suara. Menjaga volume tetap rendah akan mengurangi tekanan pada baterai dan memberi Anda dukungan baterai yang lebih lama. Jadi, pertahankan volume ke tingkat tertentu; itu sama-sama sehat untuk baterai dan telinga Anda.

Bagaimana Jika AirPods Saya Lebih Cepat Mati?

Oke, jadi AirPods bertahan sekitar 2 tahun tanpa masalah. Tetapi bagaimana jika AirPod Anda bertingkah aneh dan tidak berfungsi dengan baik bahkan sebelum beberapa tahun? Nah, itu sesuatu yang perlu dikhawatirkan, dan Anda perlu menilai masalahnya.

Jika ini adalah masalah biasa yang dapat diperbaiki melalui beberapa hal DIY, seperti basah kuyup dan baterai cepat habis, Anda harus mencoba menyelesaikan masalah ini di rumah. Namun, jika masalah berlanjut, Anda harus menghubungi AppleCare untuk servis perangkat.

Jika Anda dilindungi oleh AppleCare, Anda dapat memperbaiki masalah hanya dengan $29. Jika tidak, Anda akan dikenakan biaya $89 atau lebih, tergantung pada kondisi perangkat Anda. Temukan lebih lanjut tentang paket servis AirPods di sini.

Kata-kata Terakhir

Tidak dapat disangkal bahwa tidak peduli seberapa mahal Apple AirPods, ini adalah perangkat elektronik dan tidak memiliki masa pakai yang terjamin. Anda dapat mengharapkan earbud nirkabel sejati ini bertahan sekitar 2 tahun, tetapi Anda juga harus menggunakannya dengan hati-hati untuk memastikan Anda tidak mengalami pemecahan masalah lebih cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *