Mengapa Telapak Kaki Sakit Saat Berjalan? Ini Penyebabnya!

 

Saat telapak kaki sakit mungkin sebagian orang merasa hal tersebut biasa. Namun jika telapak kaki sakit terus menerus dan dibiarkan begitu saja, mungkin bisa menjadi indikasi sebuah penyakit yang serius.

Adapun penyebab telapak kaki sakit bisa bermacam-macam. Untuk Anda yang merasa sedang sakit kaki di bagian telapak dan merasa bahwa gejalanya tidak biasa, mungkin berikut ini bisa jadi salah satu penyebabnya.

1. Kapalan

Kapalan bukan salah satu hal yang sering membuat telapak kaki sakit. Ciri-ciri dari kaki yang kapalan adalah ada bagian telapak kaki yang berwarna kuning dengan tekstur keras. Kapalan ini bisa terjadi karena lapisan tebal kulit kerap mengalami gesekan. Kapalan sudah terlalu tebal bisa membuat kaki jadi sulit berjalan.

Untuk mengobatinya, maka anda bisa mencoba merendam kaki di air hangat untuk membuat kulit telapak kaki jadi lembut. Setelah sudah terasa lembut bisa menggosok bagian kaki yang kapalan dengan batu apung. Sepatu yang kesempitan juga bisa memicu kapalan terjadi, mulai sekarang gunakan sepatu yang lebih longgar

2. Metatarsalgia

Selanjutnya adalah metatarsalgia, ini kondisi dimana terjadi radang pada bola-bola kaki. Pemicu sakit di bagian telapak kaki ini adalah karena aktivitas lari dan melompat. Anda memakai sepatu dengan ukuran salah dengan bentuk kaki maka bisa juga menyebabkan bagian telapak kaki jadi sakit.

Sakit yang dialami biasanya muncul nyeri dan terasa sensasi terbakar. Rasa nyeri yang muncul terus-menerus bisa membuat telapak kaki jadi susah untuk berjalan bahkan berdiri. Saat pakai sepatu rasanya seperti terganjal batu kecil. Untuk mengatasinya Anda bisa mengompres bagian kaki yang sakit dan mengistirahatkan kaki sejenak.

3. Tendinitis

Ada pula kondisi yang namanya tendinitis di mana bagian tendon meradang. Tendon adalah bagian otot yang menghubungkan tulang dengan otot. Gejalanya muncul tergantung pada bagian tendon mana yang terdampak. Namun biasanya ditandai dengan rasa nyeri dan kaku apalagi saat digunakan untuk bergerak terus menerus.

Penanganan dari kondisi penyebab telapak kaki sakit ini yaitu dengan beristirahat atau mengompres kaki dengan es batu. Jika sudah tidak tahan dengan rasa nyerinya, maka bisa konsumsi obat pereda nyeri. Atau bisa juga langsung berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

4. Bunion

Bunion adalah kondisi di mana terdapat bintil di kaki. Umumnya ini terjadi pada sendi jempol kaki yang muncul benjolan tulang. Benjolan ini akan terasa nyeri dan berwarna kemerahan pada bagian tonjolan. Biasanya membuat jempol kaki sangat nyeri ketika dipakai untuk menekan.

Bunion ini terjadi dipicu oleh pemakaian sepatu yang terlalu sempit. Selain itu bunion juga bisa disebabkan oleh cacat bawaan. Dimana struktur kaki atau karena radang sendi kaki. Anda bisa hubungi dokter untuk penanganan lebih lanjut.

5. Penyakit Asam Urat

Penyebab telapak kaki sakit juga bisa dipicu dengan penyakit asam urat. Ketika terjadi penumpukan kristal asam urat di bagian sendi bisa membuat kaki bengkak hingga memerah dan terasa hangat saat disentuh. Tentu saja ini terjadi karena peradangan. Rasa nyeri ini bisa muncul secara tiba-tiba dan akan terasa parah sehingga sulit membuat Anda berjalan dengan baik.

Penanganan yang harus dilakukan yaitu dengan mengobati asam urat. Bisa mengkonsumsi obat pereda nyeri atau bagian kaki dikompres dengan es.

Itu tadi beberapa penyebab telapak kaki sakit yang mungkin saja sekarang sedang anda alami. Bagi Anda yang merasa bahwa telapak kaki sakitnya semakin menjadi, maka bisa dengan dokter untuk mengetahui apa yang sebenarnya sedang terjadi pada telapak kaki sehingga nyeri hingga susah berjalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *