Agar Mendapatkan yang Manis Berkualitas, Yuk Ketahui Tips Memilih Pepaya yang Tepat

Buah pepaya termasuk salah satu primadona atau favorit masyarakat, hal ini bukan tanpa alasan, melainkan karena dari segi rasanya sendiri nikmat ditambah dengan kandungan gizi yang juga tinggi. di Indonesia sendiri budidaya beragam jenis pepaya sudah cukup banyak, bahkan tak jarang diantaranya yang diekspor hingga luar negeri. Selain banyak dijadikan sebagai sumber pangan, sebenarnya ia juga dapat diolah menjadi beragam produk kecantikan.

Tips Memilih Pepaya yang Bagus

Dalam membeli pepaya di pasaran agaknya juga jangan sembarangan, karena belum tentu barang yang dijual tersebut berkualitas dan punya cita rasa manis. Hal ini juga turut mempengaruhi kandungan gizi yang ada didalamnya. Sehingga perhatikan beberapa tips berikut ini dalam membeli buah pepaya, yaitu:

  1. Tekstur, buah pepaya yang paling tepat untuk dibeli adalah yang memiliki tekstur daging empuk atau sudah lunak. Dibandingkan dengan yang masih keras maka yang sudah lunak ini rasanya lebih manis. Ketika Anda membeli yang masih keras sebenarnya ia dipanen saat masih muda, sehingga meskipun matang nantinya rasa juga tidak begitu manis seperti yang masak di pohon.
  2. Warna, nyatanya warna ini juga turut mempengaruhi kematangan dari buah tersebut, usahakan menghindari yang masih sangat hijau karena artinya buah belum matang dan tidak manis, Anda bisa memilih yang warna buahnya telah berubah menjadi agak orange, menunjukkan buah tersebut sudah cukup matang.
  3. Aroma, tingkat kematangan pepaya juga dapat dicium dari aromanya, yaitu punya aroma yang khas dan manis, jangan memilih yang aromanya terlalu kuat karena artinya sudah cukup lama dan cepat busuk.

Cara Menyimpan Pepaya Agar Tahan Lama

Selain pemilihan maka penyimpanan dari buah yang satu ini agaknya juga penting diperhatikan, sehingga nantinya bisa tahan lebih lama, serta tidak mudah rusak, yaitu:

  1. Simpanlah pepaya yang sudah matang dalam lemari es atau kulkas, jika Anda membeli dalam kondisi yang sudah matang, maka cara penyimpanan terbaiknya adalah dengan ditaruh dalam kulkas, sehingga bisa tahan lebih lama antara 3 sampai dengan 4 hari, jika ditaruh dalam suhu ruang dan tidak segera dikonsumsi maka cepat basi.
  2. Pepaya yang belum matang sebaiknya disimpan dalam suhu ruang, berbeda dengan yang sudah matang, sebaiknya ketika menyimpan pepaya yang belum matang adalah pada suhu ruang. Tujuannya adalah membuat pepaya tersebut cepat matang, karena penyimpanan dalam kulkas justru membuatnya lebih lama matang.
  3. Bekukan pepaya, jika buah tersebut sudah Anda kupas kulitnya, pastinya ketahanan juga akan berkurang bukan, agar bisa tahan lebih lama solusinya adalah dengan disimpan dalam freezer atau dibekukan, sebelumnya masukkan terlebih dahulu dalam wadah yang kedap udara.

Keuntungan Belanja Lewat TaniHub

Belanja berbagai macam bahan pangan untuk kebutuhan rumah tangga Anda sekarang ini jadi semakin mudah, karena bisa didapatkan online yaitu lewat TaniHub. TaniHub ini sendiri pada dasarnya adalah sebuah platform ecommerce berbasis aplikasi yang fokusnya adalah untuk menjual produk hasil pertanian, banyak keuntungan belanja disini, yaitu:

  1. Pilihan barangnya lengkap dari beragam kategori, mulai dari sayur, buah, ikan, daging, bumbu dapur hingga sembako tersedia, sekitar 900 jenis.
  2. Banyak promo istimewa yang ditawarkan, sehingga nantinya belanja Anda juga jadi makin hemat.
  3. Barangnya masih fresh, didapatkan secara langsung dari para petani lokal yang baru panen, sehingga menjamin kesegaran dari produk tersebut.

Ayo belanja sekarang juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *